Pelatihan Website Desa di Kecamatan Petarukan

Jumat (19/1) dilaksanakan Pelatihan Admin Desa di Kecamatan Petarukan oleh Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Pemerintahan Desa (Dinpermasdes) dan Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (Puspindes) Bekerjasama dengan Kecamatan Petarukan menyelenggarakan Pelatihan Kapasitas Admin Website desa di ruang pertemuan Kecamatan Petarukan dengan peserta 13 admin desa yang websitenya belum aktif. Kegiatan hari ini juga didampingi oleh pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD). Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB.

Kegiatan Pelatihan Admin Desa di Kecamatan Petarukan ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan website desa di 13 desa yang website desanya belum aktif. Dengan pelatihan ini diharapkan admin desa bisa mengelola website desa dengan baik dan konsisten berkala setiap harinya. Website desa yang aktif menjadi bukti berbagai kegiatan di desa yang dilaksanakan. Website yang diupdate secara berkala pula dapat menginformasikan kepada masyarakat secara umum apa saja kegiatan di desa tersebut.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan dan dilanjutkan pengarahan dari Kasi PID Dinpermasdes Bapak Indarto. Selanjutnya diisi oleh pemateri dari Puspindes mengenai Liputan dan Jurnalisme warga. Penulisan artikel di website hendaknya berisi hal yang faktual, bersifat reportase atau wawancara, mengandung 5 w dan 1 H, serta diperkuat dengan bukti foto sebagai dokumentasi. Untuk melakukan liputan admin desa dapat mengambil foto suatu kejadian di lapangan dan mencatat poin-poin tertentu. Pemateri dari Puspindes juga menjelaskan minimal artikel tersebut terdiri dari tiga paragraf dengan rincian paragraf pertama berisi siapa, sedang apa, dimana dan kapan. paragraf kedua berisi tujuan, dan paragraf ketiga berisi detail. selain itu admin desa bisa menambahkan paragraf ke empat yang berisi testimoni atau ujaran dari seseorang yang sesuai dengan artikel tersebut. Puspindes memberikan contoh penulisan artikel wisata dengan urutan judul, prolog, sejarah, akomodasi, akses, dan tiket. Tips yang diberikan Puspindes dalam penulisan antara lain persingkat tanggal, tentukan judul setelah menulis isi, dan menuliskan judul sesuai EYD.

Mari kita mulai dengan mengaktifkan website desa supaya desa kita tidak tertinggal dan semakin maju.

 

Penulis :Widya Sulistia

Admin Desa dan Kasi Kesra Desa Pesucen Kecamatan petarukan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah

AdminDesa

Widya Sulistia Admin Desa sekaligus Kasi Kesejahteraan Desa Pesucen

Mungkin Anda Menyukai

6 tanggapan untuk “Pelatihan Website Desa di Kecamatan Petarukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *