Sarung Goyor, Sarung Khas Pemalang

By KKN Kab. Pemalang in Kab. Pemalang on 23rd August 2018. / Edit

Pesucen, Petarukan – (24/07/2018) Desa Pesucen, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang, Jawa Tengah adalah salah satu desa yang memiliki potensi dalam pembangunan UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah), seperti pembuatan bulu mata, pembuatan batu bata, pembuatan sarung dan lain-lain.
Salah satu UMKM yang paling menarik adalah pembuatan sarung Goyor khas Pemalang, dimana sarung ini dibuat masih dengan mesin tenun tradisional dengan hasil corak khas kabupaten Pemalang.
Pembuatan sarung ini memakan waktu yang lumayan dalam pembuatannya. Sehingga dibutuhkan banyak tenaga kerja ketika mengerjakannya. Selain kedua faktor tersebut, pembuatannya juga masih manggunakan alat tradisional penenun, maka dari itu tidak heran jika hasilnya lebih bagus dan halus dari pada sarung yang dibuat dengan mesin.
Satu kain sarung Goyor dihargai Rp. 130.000, tentu bukan harga yang mahal untuk ukuran kain tenun jika dibandingkan dengan kain tenun yang lain. Apalagi harga sarung yang dibuat oleh mesin juga rata-rat berharga sama, sehingga sarung tenun Goyor ini adalah oleh-oleh yang tepat untuk para wisatawan untuk dibawakan kepada para sanak saudara.

AdminDesa

Widya Sulistia Admin Desa sekaligus Kasi Kesejahteraan Desa Pesucen

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.